Notification

×

Iklan

Iklan

"Ciuman" sebuah Momentum Romantis yang juga bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

| Selasa, Februari 09, 2021 WIB Last Updated 2021-02-09T15:54:05Z

Ilustrasi Berciuman (sumber Foto : Google)

PARAGRAF- Kelanggengan sebuah Hubungan tentunya memiliki banyak Faktor pendukungnya, Selain Ungkapan kata-kata pernyataan Cinta, Salah satu Faktor pendukung lainnya adalah sentuhan Fisik Seperti "Ciuman".


Ciuman merupakan aktifitas Fisik bertemunya bibir di Areal Wajah antar pasangan. Aktifitas fisik ini juga kerap dianggap sebagai ungkapan rasa kasih sayang dalam sebuah Hubungan.


Siapa sangka Momen Romantis nan intim ini juga memiliki banyak Manfaat untuk kesehatan tubuh dan Mental.


Mengapa hal tersebut bisa terjadi.? Beberapa Penelitian menyebut, Ketika seseorang melakukan aktivitas ciuman, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat berfungsi meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres, serta melatih otot wajah yang dapat membuat awet muda.


Dilkutip dari Healthline, berikut beberapa manfaat berciuman bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental.


1. Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Berciuman memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin yang bisa membuat kamu merasa bahagia dan nyaman.


Tak hanya itu, senyawa kimia tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan perasaan dalam diri kamu sehingga bisa memperkuat ikatan batin dengan pasangan.


2. Membuat Lebih Dekat dengan                      Pasangan


Berciuman dengan pasangan memang dapat meningkatkan ikatan kedekatan antara kamu dengan pasangan. Hal ini ternyata disebabkan oleh hormon oksitosin yang dihasilkan tubuh saat kamu berciuman. Menurut penelitian, hormon ini ternyata membuat kamu merasakan kasih sayang dan keterikatan terhadap pasangan.


3. Membuatmu Merasa Lebih Percaya            Diri

Sebuah penelitian dari Journal of Behavioral Medicine yang dirilis tahun 2016, menemukan bahwa peserta penelitian yang tidak bahagia dengan penampilan fisik mereka memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi dalam tubuhnya.


Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, mengalami penurunan hormon kortisol dalam tubuh setiap kali kamu berciuman bisa jadi cara yang menyenangkan untuk mengatasi krisis percaya diri.


4. Mengurangi Keresahan

Selain mengurangi stres, hormon oksitosin yang dihasilkan tubuh saat berciuman ternyata juga dapat menenangkan pikiran. Sebab, pada dasarnya tidak ada cara yang lebih menyenangkan untuk menenangkan pikiran daripada berciuman dan mendapat sentuhan lembut dari pasangan.


5. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Stres akibat pekerjaan atau permasalahan hidup dapat membuat Anda mengalami tekanan darah tinggi. Nah, ternyata berciuman dapat meningkatkan detak jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah.


Ketika pembuluh darah membesar, aliran darah akan meningkat dan bisa menyebabkan penurunan langsung pada tekanan darah. Selain itu, pelebaran pembuluh darah karena berciuman ini ternyata juga dapat mengurangi sakit kepala dan kram, termasuk kram yang dirasakan saat menstruasi.


6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh BMC (Biomedcentral) pada tahun 2014 menemukan fakta bahwa pertukaran ludah yang terjadi saat berciuman dapat meningkatkan kekebalan. Hal ini terjadi karena munculnya mikrobiota baru pada ludah kamu dan pasangan saat berciuman. Hal itu ternyata bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.


7. Meningkatkan Gairah Bercinta

Kalau hal yang satu ini tentu sudah tidak dapat diragukan lagi. Berciuman memang menjadi foreplay atau pemanasan terbaik sebelum kamu dan pasangan melakukan hubungan seks.


Hal ini bisa terjadi karena air liur ternyata juga menghasilkan hormon testosteron, sebuah hormon yang berperan penting dalam meningkatkan gairah seks seseorang. Semakin lama dan semakin bergairah kamu saat berciuman, maka semakin banyak hormon testosteron yang dirilis oleh tubuh.


8. Mengencangkan Wajah

Saat berciuman, kamu menggerakkan 2 sampai 34 otot pada wajah dan leher. Gerakan tersebut sebanding dengan saat kamu melakukan senam wajah. Oleh karena itu, jika kamu berciuman secara rutin, otot wajah akan menjadi lebih kencang dan meningkatkan produksi kolagen.


Kolagen dapat berkontribusi untuk membuat kulit lebih kencang. Selain itu juga membuat kamu tampak lebih muda lho, Ladies

×
Berita Terbaru Update