Notification

×

Iklan

Iklan

Ganjaran untuk Orang Sholat Jum'at yang lebih awal datang Ke Masjid

| Thursday, February 25, 2021 WIB Last Updated 2021-02-26T04:30:38Z
Ilustrasi Ummat Islam sedang melaksanakan Sholat Jum'at


PARAGRAF
- Sholat Jum'at merupakan aktivitas Ibadah yang diwajibkan untuk ummat Islam laki-laki 1 kali dalam Sepekan. pelaksanaan Sholat Jum'at sebagai pengganti ibadah Sholat Zuhur khusus di Hari Jum'at.


Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an tentang perintah Sholat Jum'at: 


“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (Q.S Al-Jum’ah: 9).


Disebutkan dalam kitab Attargib wattarhib imam al munziri. Diriwayatkan dari said al khudri ra. ia mendengar bahwa Rosululloh saw. Bersabda : lima hal bila diperaktikkan dalam kehidupan sehari-hari maka Allah SWT. Akan mencatatnya sebagai penghuni syurga yakni Orang yg mau menjenguk orang sakit, Orang yg mau mengantarkan jenazah, Orang yg mau berpuasa, Orang yang mengerjakan sholat juma'at dan Orang yg memerdekakan budak. (HR. Ibnu Hibban).

 

dalam Hadits Lain, diriwayatkan oleh Abu Huroiroh ra. Rasululloa saw. Bersabda : Jika tiba hari jum'at maka para Malaikat berdiri dipintu-pintu Masjid. Mereka mencatat siapa yang datang lebih awal maka diawal. Perumpamaan yang datang lebih awal seperti orang yang berkurban unta. Kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi. Dan berikutnya seperti orang yang berkurban kambing. Dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban ayam. Dan berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan imam sudah duduk di mimbar mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan (zikir) khutbah (HR. Ahmad ). 


Diriwayatkan juga dari Aus bin Aus ra. Rosululloh saw. Bersabda : Barang siapa mandi pada hari jumat berangkat lebih awal (ke masjid) berjalan kaki dan tidak berkendaraan. Mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya. Dan tidak berbuat lagho (pekerjaan sia-sia) maka dr setiap langkah yg ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamullail setahun.

×
Berita Terbaru Update