Notification

×

Iklan

Iklan

Produk NTB Selain Kangkung, Kopi dan Madu, Susu Kuda Liar juga sudah terdaftar Indikasi Geografis

| Thursday, February 25, 2021 WIB Last Updated 2021-02-25T20:35:18Z
Ilustrasi Kuda (Sumber Foto, Google)


PARAGRAF
- Untuk meningkatan nilai Jual Ikon Produk khas NTB, Pemprov. NTB saat ini tengah Mengupayakan Mutiara Lombok masuk sebagai Produk ke 5 yang terdaftar Indikasi Geografis.


Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok, Mulyanto, S.T., M.Si. mengatakan, saat ini NTB sudah memiliki 4 Produk yang sudah terdaftar Indikasi Geografis yakni Kangkung Lombok, Madu Sumbawa, Susu Kuda Liar Sumbawa, Kopi Tambora dan saat ini yang masih diupayakan adalah Mutiara Lombok.


“Sudah kami usulkan. Penyusunan IG banyak melibatkan stakeholders seperti Kementerian Hukum dan HAM, perindustrian, kelautan dan sebagainya. Proses ini beberapa kali ada perbaikan. Sampai saat ini kita masih menunggu. Semoga segera keluar agar memberikan kekhasan untuk Mutiara Lombok ini,” kata Mulyanto saat kegiatan Kunjungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah NTB bersama Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Kamis, 25/2 di Kabupaten Lombok Barat.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, H. Yusron Hadi, menjelaskan bahwa dengan adanya Indikasi Geografis dapat memberikan nilai jual lebih pada Mutiara Kerang Lombok. 


“IG adalah salah satu instrumen yang memberikan keunikan pada suatu produk. Alhamdulillah Mutiara Lombok sudah sudah punya brand. Jika kita punya IG berarti kita punya nilai kekhasan dan semakin punya nilai jual di pasar internasional "tutur Yusron.


Indikasi Geografis merupakan suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.


Tanda yang digunakan sebagai Indikasi Geografis dapat berupa etiket atau label yang dilekatkan pada barang yang dihasilkan. Tanda tersebut dapat berupa nama tempat, daerah, atau wilayah, kata, gambar, huruf, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut.

×
Berita Terbaru Update