Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Begasingan Digelar Jelang Pembukaan Jalur Pendakian Rinjani

| Rabu, Maret 31, 2021 WIB Last Updated 2021-03-31T14:14:39Z

Lomba permainan tradisional begasingan digelar Balai TNGR di Sembalun, Lombok Timur.


PARAGRAF  - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menggelar lomba begasingan dan egrang, Rabu sore (31/3) di Sembalun, Lombok Timur.


Lomba permainan tradisional ini mengawali gelaran Rinjani Bewage Festival (RBF) 2021 sekaligus pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani yang akan diluncurkan Kamis, 1 April 2021.


Lomba begasingan dan egrang digelar di parkir area Geopark Rinjani Cemara Seu, di hadiri Camat Sembalun Mertawi SPd, Kapolsek Sembalun AKP Lalu Panca Warsa, Ketua Panitia Kegiatan yang juga Kepala Seksi SPW 2 Balai TNGR, Benediktus Rio Wibawanto, para peserta lomba, dan masyarakat sekitar.


Begasingan atau permainan gasing merupakan permainan tradisional Lombok yang sudah jarang ditemukan. Lempengan gasing terbuat dari kayu dan sedikit besi, berputar dengan pemicu temali yang juga terbuat dari kulit pohon.


Puluhan peserta lomba begasingan nampak antusias mengadu ketangkasan mereka. Gasing jagoannya mengadu berputar di tanah. Gasing yang paling lama bertahan berputar akan dinobatkan sebagai pemenang.



Sementara di lomba egrang atau enjek-enjek, puluhan peserta juga antusias meski cuaca bergelayut mendung dan sempat hujan. Menggunakan egrang terbuat dari bambu dan kayu, para peserta mengadu keterampilan mereka berjalan di atas egrang.


Kepala Seksi SPW 2 Balai TNGR, Benediktus Rio Wibawanto mengatakan, lomba permainan tradisional ini dilaksanakan untuk melestarikan tradisi dan budaya. 


Selain itu, dua permainan tradisional ini juga berkaitan erat dengan aspek lingkungan. Setidaknya bahannya dari kayu atau pepohonan. Sehingga menjadi pesan pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama hutan.


"Jadi melalui permainan tradisional ini juga kita bisa melihat pentingnya harmonisasi manusia dengan alam lingkungan. Selain itu, kita juga ingin lestarikan tradisi dan budaya ini," kata Rio.


Rio mengatakan, lomba permainan tradisional tersebut menjadi rangkaian acara Rinjani Begawe Festival 2021 sekaligus peluncuran pembukaan enam jalur pendakian Gunung Rinjani.


"Rinjani Begawe Festival 2021 sekaligus launching pembukaan pendakian Rinjani akan dilaksanakan besok, Kamis 1 Aperil 2021," kata Rio.


Selain lomba permainan tradisional, kegiatan Rabu (31/3) juga diisi dengan lomba menggambar dan warnai untuk anak-anak TK dan SD. Objeknya adalah burung Celepuk yang merupakan salah sati satwa langka khas Lombok.


Hal ini menurut Rio dilakukan sebagai edukasi dan sosialisasi dini untuk anak-anak tentang keanekaragaman flora dan fauna di Rinjani, serta tentang pentingnya harmonisasi dan pelestarian lingkungan.


"Burung Celepuk ini merupakan salah satu burung endemik yang ada di Gunung Rinjani. Jadi tujuan dari itu semua untuk memperkenalkan burung tersebut ke anak-anak," katanya.


Ia berharap, dengan dibuka kembali jalur pendakian Rinjani nantinya, dapat kembali meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Sembalun.


Camat Sembalun, Mertawi SPd turut menunjukan ketrampilannya bermain gasing, saat membuka lomba begasingan.

Sementara itu, Camat Sembalun, Mertawi SPd mengatakan, Rinjani Begawe Festival 2021 akan membantu mempromosikan Rinjani dan Sembalun khususnya. Bukan saja keindahan alam dan budayanya, tetapi juga beragam aspek kearifan lokal, termasuk permainan tradisional.


"Ini sebuah kegiatan yang sangat bagus dalam rangka melestarikan budaya Lombok, lebih khususnya Sembalun. Rinjani Begawe Festival 2021 ini menjadi ajang untuk memperkenalkan dan sekaligus melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal kita, termasuk begasingan dan egrang ini," katanya.


Mertawi mengatakan, meski antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam kegaitan tersebut, namun semua rangkaian kegiatan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.


"Kita selalu mengikuti prokes Covid-19, supaya apa yang kita laksanakan ini tidak bertentangan dengan program yang dijalankan oleh pemerintah. Mari kita sama-sama mendukung pemerintah dalam pencegahan dan memutus penyebaran mata rantai Covid-19," tukas Mertawi. 


Adapun rangakaian acara Rinjani Begawe Festival 2021 antara lain Diskusi dan Ngopi Bareng Geopark Rinjani, launching pembukaan pendakian Gunung Rinjani, sarasehan pendakian kelas dunia dan lainnya.


×
Berita Terbaru Update