Notification

×

Iklan

Iklan

Google Earth Perlihatkan Permukaan Bumi Yang Mengerikan

| Minggu, April 18, 2021 WIB Last Updated 2021-04-18T07:59:57Z
Foto : Google Eath hadirkan Timelapse yang perlihatkan perubahan bumi. (Google.dok).


PARAGRAF
- Ingin melihat perubahan Bumi yang mengerikan? Buka saja Google Earth. Lewat fitur barunya, Timelapse, kita disajikan bukti visual bagaimana manusia telah merusak planet ini.


Sejak diperkenalkan, Google Earth telah menjadi perangkat lunak menarik yang memungkinkan siapa saja untuk melihat gambar permukaan Bumi. Bersama tim dari Universitas Carnegie Mellon, kini hadir video timelapse di Google Earth, yang menurut raksasa pencarian internet itu menjadi pembaruan terbesar yang telah dilakukan sejak 2017.


Menurut Rebecca Moore, Direktur Earth Engine and Outreach Google Earth, Timelapse telah dikembangkan menggunakan 24 juta citra satelit dari 37 tahun terakhir (1984 hingga 2020) sebelum dikompilasi menjadi pengalaman 4D interaktif.


"Membuat video timelapse seukuran planet membutuhkan jumlah yang signifikan dari apa yang kami sebut 'pemecah pixel' di Earth Engine, platform cloud Google untuk analisis geospasial. Butuh lebih dari 2 juta jam pemrosesan di ribuan mesin di Google Cloud untuk mengumpulkan 20 petabyte citra satelit menjadi satu mosaik video berukuran 4,4 terapixel, itu setara dengan 530.000 video dalam resolusi 4K," jelasnya dalam blog resmi Google.


Melalui Timelapse, pengguna dapat memilih tempat mana pun di planet ini yang ingin mereka tonton timelapse-nya selama empat dekade. Mereka dapat mencari lokasi melalui bilah pencarian.


Google juga telah menambahkan Voyager, di mana pengguna dapat mengakses tur interaktif. Tur tersebut memiliki 5 tema utama, yakni Hutan yang Berubah, Keindahan yang Rapuh, Sumber Energi, Planet yang Menghangat, dan Perluasan Perkotaan. Kesemuanya akan membuka mata kamu mengenai perubahan yang tengah terjadi di Bumi ini.


"Bagi orang lain, efek perubahan iklim terasa abstrak dan jauh, seperti mencairnya lapisan es dan surutnya gletser. Dengan Timelapse di Google Earth, kami memiliki gambaran yang lebih jelas tentang planet yang sedang berubah tepat di ujung jari kamu, gambar yang tidak hanya menunjukkan masalah tetapi juga solusi, serta fenomena alam yang sangat indah yang terungkap selama beberapa dekade," ujar Rebecca.


Untuk mengakses Timelapse, kamu bisa membuka g.co/Timelapse dari browser. Jika ingin mendownload 800 video Timelapse dalam format 2D dan 3D dapat mengunjungi g.co/TimelapseVideos.


×
Berita Terbaru Update