Notification

×

Iklan

Iklan

Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Mandalika oleh ITDC Disorot

| Kamis, April 15, 2021 WIB Last Updated 2021-04-15T10:07:27Z
Foto : Pembangunan hotel di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah.


PARAGRAF
- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat mempertanyakan penyerapan tenaga kerja lokal yang dipekerjakan oleh PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, karena sejak perusahaan plat merah tersebut mengelola lokasi wisata itu tidak kunjung pernah ada laporan.


"Kami sudah bertanya kepada ITDC, penyerapannya sudah berapa persen. Tetapi itu belum dijawab sampai sekarang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) NTB, Hj Wismaningsih Drajadiah di Mataram, Kamis.


ITDC kata Wismaningsih, menjanjikan kepada Pemerintah Provinsi NTB dalam sosialisasinya akan memprioritaskan tenaga kerja lokal. Bahkan porsinya ditentukan ITDC hingga 69 persen. Kemudian, 30 persen tenaga kerja luar NTB dan satu persen untuk tenaga kerja asing.


"Tapi itu bukan untuk satu tahun saja, melainkan bertahap. Selama ITDC beroperasi," ujarnya.


Wismaningsih mengakui, meski sudah ada penyerapan tenaga kerja lokal di Mandalika, namun jumlahnya menurut Wismaningsih tidak seberapa.


"Memang ada beberapa yang kita pantau. Cuman, berapanya kita belum tahu karena memang belum pernah diinformasikan," terang Wismaningsih.


Disinggung apakah selama ini ITDC sudah cukup terbuka terkait rekrutmen tenaga kerja, Wismaningsih menegaskan belum bisa menyimpulkan lebih jauh.


"Kita tidak bisa menilai sampai kesitu ya," katanya.


Sebelumnya, ITDC, menargetkan dalam 5 tahun mampu menyerap 5.000 tenaga kerja lokal putra daerah NTB untuk bekerja di Mandalika. Target ribuan tenaga kerja lokal tersebut tidak lepas dari pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Super Prioritas (KSPN) The Mandalika yang terus dikebut. 


Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menjelaskan saat ini hampir 200 hektare lahan investasi dalam proses kerja sama dengan pihak ketiga.


Terserapnya tenaga kerja lokal diyakini akan meningkatkan PDRB NTB secara signifikan dalam jangka panjang. 


"Tahun 2045 jika tenaga kerja lokal terserap dengan baik PDRB NTB naik Rp7 triliun dengan jumlah Rp18,8 triliun, dari PDRB NTB Rp11,4 triliun kalau kawasan Mandalika tidak dibangun," katanya.  


×
Berita Terbaru Update