Notification

×

Iklan

Iklan

IKA Unram Harus Sigap dan Gesit

| Senin, Mei 24, 2021 WIB Last Updated 2021-05-25T02:28:20Z

Foto : Sigap, S.Pd MPd

PARAGRAF - Menjadi seorang pemimpin tidak harus orang yang terkenal, kaya raya, atau punya jabatan mentereng. 


Namun yang pasti, orang tersebut harus punya hati, visi-misinya membumi, serta punya hasrat merangkul semua pihak sehingga berada dalam rumah yang sama. Sebab, di rumah itulah akan dibangun temali aksi yang paripurna.


Seperti itu juga mungkin yang menjadi harapan banyak alumni Universitas Mataram (Unram) yang saat ini tengah menjalani proses pemilihan Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Unram.


Kerinduan para alumni tersebut nampaknya telah menemukan jawabannya seperti yang disampaikan Sigap, S.Pd MPd Ketua Alumni Pascasarjana Unram yang akan maju pada bursa pencalonan Ketum IKA Unram.


Sigap menuturkan banyak hal mengenai apa yang akan ia kerjakan bila dirinya dipercaya memimpin wadah yang menaungi puluhan ribu alumni Unram.


Menilik visinya meski terkesan sederhana, namun membumi yakni "Menjadikan IKA Unram Ruang Temu yang Lebih Berarti dan Amanah"


Sigap mengatakan bahwa ini sejalan dengan misinya yakni, mempertemukan gagasan, kreativitas dan kontribusi Alumni Unram untuk alumni, almamater Unram dan Indonesia.


"Saatnya kita memastikan semua alumni terhubung, harus bisa kolaborasi di dalam ruang-ruang di dalam rumah tersebut," ujarnya di Mataram, Selasa (25/5/2021).


Sigap menerangkan, seolah mau mengatakan, jangan dibiarkan ruang-ruang di Unram jadi hampa, apalagi kosong melompong. Justru antara ruangan satu dengan yang lain harus terkoneksi satu sama lainnya.


Karena itu bila terpilih, Sigap siap mengejawantahkan empat program yang diyakini akan mampu "meledakkan" IKA Unram menjadi wadah yang kuat secara internal dan mumpuni untuk eksternal.


Empat program tersebut menurut Sigap, antara lain, pertama membangun sistem berbasis digitalisasi untuk membawa IKA Unram Go Internasional. 


"Tak hanya bicara soal "world class university" IKA Unram harus juga menjaga kekerabatan, persaudaraan dan kekompakan alumni Unram melalui berbagai kegiatan baik olahraga dan budaya yang bervariasi," ucapnya.


Kedua, IKA Unram ini harus mengambil posisi strategis dalam kebijakan pembangunan daerah.


Ketiga, selain Tri Darma Perguruan Tinggi, alumni Unram harus menjadi garda terdepan dalam mengawal keamanan regional.


Keempat kata Sigap, yakni memastikan IKA Unram memiliki Sekretariat permanen dan memiliki Inkubator bisnis yang tersebar sampai pelosok desa di NTB.


"Saya ini calon mewakili generasi milenial," tegas Ketua Alumni Pascasarjana Unram ini.


Selain itu, IKA Unram juga akan didorong proaktif dalam penanggulangan isu kesehatan, penurunan, dan pencegahan stunting serta menjadi mitra aktif bagi pemerintah dalam pencegahan penggunaan narkoba serta memperhatikan permasalahan kesehatan mahasiswa, termasuk dalam membantu pemerintah menekan penyebaran virus COVID-19 yang saat ini menjadi pandemi dunia.


Kepedulian lain yang akan dilakoni adalah mengoptimalkan peranan alumni dalam membantu adik-adik mahasiswa yang kesulitan biaya dalam menyelesaikan pendidikannya di Unram.


Disinggung soal proses pemilihan, Sigap menuturkan, Munas IKA Unram mesti sesuai dengan regulasi yang tertuang dalam AD/ART IKA UNRAM, dan memberi peluang seluas-luasnya kepada seluruh alumni untuk menjadi bagian dari pembangunan IKA Unram secara komprehensif dengan cara mempermudah syarat-syarat jadi Ketum.


"Kita Harus berpikir supaya alumni bisa memberi kontribusi lebih kepada pembangunan kampus dan sosial masyarakat secara luas, bukan sebaliknya  meminta dukungan kampus kepada IKA Unram," terangnya.


Oleh karena itu, Sigap berharap Munas kali ini dapat memberi ruang terbuka bagi alumni milenial maju sehingga ada regenerasi kepemimpinan itu berjalan sesuai kaidahnya.



×
Berita Terbaru Update