Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HUT Bung Karno, PDIP Mataram gelar bersih-bersih sampai pantai

| Selasa, Juni 08, 2021 WIB Last Updated 2021-06-08T09:48:09Z

Foto: DPC PDIP Kota Mataram saat bersih-bersih Sampah di Pantai Mujung, Ampenan

PARAGRAF- DPC PDI Perjuangan Kota Mataram bersama warga Lingkungan Banjar, Kota Mataram menggelar berdih-bersih sampah di Pantai Mujang, Lingkungan Banjar, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.


"Acara ini dihajatkan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, serta dalam rangka Bulan Bung Karno," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Mataram, Made Slamet dalam keterangan tertulis di terima wartawan di Mataram, Selasa (8/6/2021).


Ia mengatakan, selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan mengajak warga masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan di wilayah mereka. 


Apalagi, bersih-bersih dan bakti sosial 

Bulan Bung Karno itu juga di isi kampanye pemilihan sampah plastik dan organik yang dilakukan oleh kelompok gerakan lingkungan sampah nihil atau Gelisah 


Anggota DPRD NTB ini mengatakan, momentum bulan Juni, terasa spesial bagi partainya. Sebab, hal itu menjadi bulan yang bersejarah bagi proklamator bangsa Indonesia, yakni Bung Karno.


Itu ditandai, pada 1 Juni adalah hari kelahiran Pancasila, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat.


"Makanya kenapa kita buat adanya kegiatan bersih-bersih pantai ini di Bulan Bung Karno. Ini agar adanya perhelatan ini semoga dapat menanamkan kepada anak untuk mulai mencintai lingkungan dan menjaganya agar tetap asri dan hijau seperti yang juga dikehendaki oleh Bung Karno," ujar Slamet.


Ia menegaskan, Presiden RI pertama itu tidak akan pernah hilang selama republik ini berdiri. Untuk itu, Made mengajak kader PDI Perjuangan di wilayah Kota Mataram untuk terus sungguh-sungguh bekerja mendampingi masyarakat.


"Bung Karno yang tertanam pada sanubari kita. Tentu, akan terus bersama kader partai yang berikhtiar sungguh-sungguh bekerja ikhlas menjalankan ajarannya. Apalagi, Ibu Ketua Umum sudah mewajibkan kader harus menangis, dan tertawa bersama rakyat," ungkap Made Slamet.


Ratusan masyarakat, mulai anak-anak pelajar, penggiat cinta lingkungan di wilayah Lingkungan Banjar dengan dikomando oleh Kepala Lingkungan setempat Syamsudin Fajar memadati kawasan objek wisata pantai satu-satunya di wilayah setempat.


Berbekal kantong plastik, para warga Banjar juga kader PDI Perjuangan berjalan memunguti sampah-sampah yang ada di sekitar areal bibir pantai. Dengan penuh semangat mengelilingi areal pantai, para pelajar mengulurkan tangan dan satu persatu sampah tersebut dipindahkan ke dalam kantong plastik yang sudah disediakan.


"Saya ikut bersih-bersih sampah ini baru pertama kali, saya mengikuti acara ini karena ingin ikut menjaga kelestarian lingkungan pantai agar tetap bersih dan nyaman, tidak terlihat kotor, agar wisatawan jadi betah berlama-lama ke sini," kata Acik, warga Lingkungan Banjar.


Kepala Lingkungan Banjar, Syamsudin Fajar alias Onting, mengatensi keluarga besar PDI Perjuangan Kota Mataram yang telah menjadikan wilayahnya sebagai lokasi kegiatan Bulan Bung Karno kali ini. 


Apalagi, lanjut dia,  bersih-bersih sampah di areal bibir pantai ini bertujuan agar pantai dan laut tidak tercemar dari sampah plastik dan berakibat pada ikan-ikan mati.


"Insya Allah, kami di aparat lingkungan dan warga Banjar berkomitmen siap mendukung kegiatan partai yang langsung terjun ke rakyat apalagi membantu mengkampanyekan serta mempromosikan pantai Mujang yang tengah dan sedang kami rintis pengembangannya ini," katanya.

×
Berita Terbaru Update