Notification

×

Iklan

Iklan

Asah Kemampuan Atlit, Perpani Sumbawa Tunjuk Coach khusus

| Saturday, September 25, 2021 WIB Last Updated 2021-09-25T14:59:00Z
Kegiatan Pelatihan Persiapan Perpani Sumbawa


PARAGRAF - Pengurus Daerah Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Sumbawa laksanakan rapat terbatas sebagai kelanjutan dari rapat evaluasi pelaksanaan Porkab 2021, di kediaman Ketua Umum Perpani Sumbawa, Muhammad Yamin, Jum'at 24/9/2021.


Dalam rapat tersebut Muhammad Yamin berikan arahan kepada bidang Pembinaan Prestasi untuk mengkongkritkan pola pembinaan Atlit yang akan digembleng sampai dengan pergelaran Pekan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2022 mendatang.


"Pada Rapat ini, yang pertama kita bahas adalah  tim teknis pelatih, dan bagaimana melaksanakan kesepakatan pada rapat evaluasi PORKAB sebelumnya. Akan kita sepakati gagasan pembentukan tim pelatih, dan itu kewenangannya ada di bidang pembinaan yaitu Coach M Jurnawi Fakhruddin,  Kami unsur pimpinan di sini hanya mengarahkan dan memberi masukan," ujar Yamin yang juga ketua badan kehormatan DPRD Sumbawa ini.


"Kemudian yang kedua, kami hanya mampu mendukung dengan kebijakan-kebijakan, Sementara hal teknis itu semuanya di bidang pembinaan,  masukan dari kami untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan Atlit perlu diperhatikan latihan  fisiknya dan melatih psikologinya,  agar para atlit tumbuh rasa percaya diri,  tumbuh rasa keberanian, ketenangan dan  mood maupun rasa senang ( Enjoy). Selanjutnya, teknis tentang mana anak yang akan kita  latih,  bagaimana metode melatih  kami minta pak ustad Jurnawi bersama   bidang pembinaan  meramunya," tutur Yamin.

Rapat Lanjutan Pengurus Perpani Sumbawa


"Harapan kami untuk memaksimalkan prestasi Atlit, bisa juga menunjuk pelatih yang ahli di bidang tersebut , bisa dari luar Pengurus yang mampu menggodok fisik anak-anak atau para atlit tersebut," imbuhnya.


Demikian pula dengan membangun psikologis nya dalam hal membangun kepercayaan diri, pola Atlit mengajarkan ilmunya kepada teman sebaya di Club maupun di Sekolah  bisa dilakukan sebagai mana telah diterapkan oleh Gendewa Archery Society ( GAS)  dan Samawa Archery Club serta Maras Archery Club (MAC) pada latihan bersama," Kolaborasi ini sangat menarik dan bagus untuk membuat Atlit kita lebih percaya diri," ungkapnya .


Atas arahan tersebut mendapatkan tanggapan dari Koordinator Bidang Pembinaan Prestasi Ustadz Muhammad Jurnawi Fakhruddin, bahwa yang perlu kita lakukan adalah menjaga kebersamaan, mengidentifikasi masalah, mentabulasi data atlit di semua club dan menunjuk tim pelatih (coach)


"Kita ada di sini untuk berbicara  pembinaan prestasi, maka dari pengalaman kita selama ini, membangun soliditas atau  kebersamaan yang penting. Untuk pola ini hambatanya pada  keinginan berjalan sendiri-sendiri. Selanjutnya bila ada permasalahan  kita segera mengidentifikasi supaya tidak berlarut-larut," ujarnya yang juga Ketua Falcon Archery Club ini


Oleh karenanya  pada kesempatan pertama ini yang harus kita bentuk timnya dulu pak ketua," imbuh Muhammad Jurnawi Fakhruddin yang juga Judge ( Wasit dan pelatih) Nasional ini.


 "Seperti yang saya sampaikan lalu untuk pelatih bila tidak memungkinkan spesialisasi bisa  rangkap seperti pelatih Psikologi dengan Imaginari.  Untuk pelatih Teknis kami menyarankan Diasuh oleh Coach Bagus dari MAC. Sedangkan Untuk pelatih Fsikologis kami sarankan pak Eko Wibowo Dari Komunitas Panahan Sumbawa (Kompas)


"Sementara Pelatih  fisik Silahkan kepada Audiens mengusulkan siapa yang tepat," bebernya.


Ketiga  Pelatih ini penting. Kalau ada kejuaraan saya kumpulkan para atlit, berikan arahan dan motivasi. Contoh pada saat latihan untuk menguatkan mental kita kuatkan imajinasinya. Sambil dibawa kedalam alam sadarnya membayangkan, silahkan maju ke shoting line , kemudian tembak bidikan tepat pada  target,  Setelah itu naik ke podium  Juara lakukan semuanya dengan senang hati.  Tanamkan juga kepada Atlit bahwa dia tidak memiliki lawan,  Siapapun yang berdiri disebelahnya tindak mempengaruhi mental. Sehingga sikap tenang itu didapatkan. "Hal ini penting, karena sangat mempengaruhi teknik, fisik," tutur Jurnawi.



Ketua Umum Perpani Muhammad Yamin menanggapi terkait usulan pelatih fisik untuk bisa mencari dari luar. "Untuk fisiknya kalau disetujui kita mengambil orang luar,  kita akan mendampinginya dengan pelatih Perpani,  karena menurut saya,  prinsip dasar fisik atau olahraga manapun sama kenapa saya mengambil dari orang luar, karena dia memiliki kemampuan membentuk  kelenturan tubuhnya, hal itu dibutuhkan juga di dalam panahan," ucap Yamin. 


Atas hal yang berkembang mendapatkan tanggapan dari Haji Yudi dari KOMPAS.


 "Untuk fisik bisa dilakukan didalam ruangan atau  indoor. Seperti padepokan bela diri, disana sudah ada matras. Atas sarannya diterima oleh audiens dan mendapuk Haji Yudi sebagai pelatih fisik


"Untuk pelatih fisik dari Perpani kami sarankan Pak Haji Yudi Patria Negara dan Muhammad Sirajuddin untuk lllmenghandlenya," ujar Yamin.


Selanjutnya, "Untuk waktu pelaksanaan Pembinaan ini ajan diatur oleh Koordinator bidang pembinaan prestasi Ustad Jurnawi," pungkas Yamin.


Kepada media Paragraf ini Sekretaris Umum Perpani Sumbawa Abdul Maruf Rahmat, menyampaikan bahwa Dalam agenda tersebut juga dibahas tindak lanjut kepada pengurus Perpani Sumbawa untuk menghubungi semua Club agar dapat memberikan data lengkap atlit. Demikian juga diagendakan minggu depan Pengurus Perpani Sumbawa akan berkunjung ke PengProv Perpani NTB untuk mendapatkan informasi Mata lomba dan batas usia yang akan diperlombakan pada Porprov tahun 2022 mendatang sehingga dapat digunakan daamm penerapan latihan," Tutup Maruf.

×
Berita Terbaru Update