Notification

×

Iklan

Iklan

Kades Bagik Payung Selatan Beri Alasan Berhentikan Dua Perangkat Desa

| Monday, October 11, 2021 WIB Last Updated 2021-10-11T08:14:59Z
Kepala Desa Bagik Payung Selatan, Abdul Manan, QH. S. Kim. I


PARAGRAF- Kepala Desa  Payung Selatan Abdul Manan, QH. S. Kom. I  berikan alasannya memberhentikan dua perangkat Desa yakni Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan. 


Menurut Abdul, kedua Perangkat Desa tersebut oleh Pemerintah Desa sebelumnya diangakat tidak melalui Proses penyaringan dan Penjaringan sesuai ketentuan peraturan Menteri Dalam Negeri No 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.


"Berdasarkan peraturan tersebut, tentu dalam mengangkat perangkat Desa harus berdasarkan peraturan yang telah diatur oleh pemerintah, dalam hal ini Menteri Dalam Negeri" kata Abdul Manan kepada Media ini, Senin 11/11/2021.


Dimana dalam peraturan Mendagri tersebut Kepala Desa dituntut agar mengangkat perangkat Desa melalui proses penjaringan dan penyaringan, seperti yang diatur dalam pasal ayat (1), perangkat Desa diangkat oleh Kepala Desa dari warga desa yang memenuhi persyaratan umum dan khusus, dimana di ayat (2), persyaratan umum sebagai mana di maksud pada ayat (1), sebagai berikit hurf (a), berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau sederajat, (d), memenuhi kelengkapan administrasi, nah, apa yang dimaksud kelengkapan administrasi, salah satunya harus berpendidikan SMU atau sederajat. Dimana juga di pasal 12 ayat (1), perangkat Desa yang diangkat sebelum ditetapkanya peraturan Menteri ini, tetap melaksanakan masa tugasnya sampai habis masa tugasnya berdasarkan surat keputusan pengangkatanya, apa itu surat keputusan, iyalah SK.


Yang mana juga di pasal 7 ayat (4) huruf, b, penjaringan dan penyaringan perangkat Desa, tentu jika kita melihat aturan tersebut, bahwa sangat jelas, untuk menjadi perangkat Desa, harus melalui penjaringan dan penyaringan.

Tentu Dalam sebuah desa dibutuhkan pemerintahan untuk menata dan mengurus setiap hal yang berkaitan dengan desa. Struktur Pemerintahan Desa terdiri dari beberapa tingkatan yang setiap tingkatannya memiliki porsinya sendiri. Pemerintah desa ditugaskan oleh pemerintah pusat untuk mengatur masyarakat pedesaan setempat berdasarkan dengan undang-undang yang ada demi mewujudkan pembangunan pemerintah diwilayah desa.


"Berdasarkan peraturan diatas, bahwa perangkat Desa diangkat melalui proses, nah, apa prosesnya, salah satunya melalui penjaringan dan penyaringan.

Kenapa penjaringan ini harus dilakukan, pertama, telah diatur dalam Permendagri, yang ke dua, agar seluruh masyarakat Desa dapat mendaftarkan diri menjadi perangkat Desa dan memberikan kesempatan bagi seluruh warga" Ujaranya


Abdul Manan mengatakan, ia tidak ingin pengangkatan Perangkat Desa Bagik Payung selatan tidak melalui mekanisme peraturan Perundang-undangan. 


"Yang mana saat ini, adanya Kepala Desa mengangkat perangkat Desa tanpa melalui proses, seperti penjaringan dan penyaringan, sementara ini suda diatur oleh pemerintah, terkadang kepala Desa mengangkat hanya semaunya, tanpa ia sadari, bahwa dia telah melanggar sebagai mana telah diatur dalam Permendagri No 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa" Katanya


"Sesuai dengan aturan yang berlaku Maka kami, kepala desa bagik paying selatan Menaati dan menegakkan Peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk dalam mengangkat perangkat Desa dan staf perangkat Desa serta memberhentikan perangkat Desa dan staf perangkat Desa yang melanggar larangan sebagai perangkat Desa dan staf perangkat Desa tidak terkecuali memberhentikan perangkat Desa dan staf perangkat Desa yang keberadaannya tidak melalui proses seleksi penjaringan dan penyaringan perangkat Desa dan staf perangkat Desa" Katanya

×
Berita Terbaru Update