Notification

×

Iklan

Iklan

Pelabuhan di NTB Siap Sambut WSBK Mandalika

| Wednesday, October 27, 2021 WIB Last Updated 2021-10-27T13:21:18Z
Dishub NTB menggelar Rapat Koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk kesiapan Menyambuat World Superbike


PARAGRAF.co.id - Dinas Perhubungan Provinsi NTB menggelar rapat koordinasi bersama stakeholders terkait, Rabu (27/10) di ruang rapat Cakra, Dishub NTB, di Kota Mataram.


Rapat koordinasi dipimpin Kadishub NTB, H Lalu Moh Faozal dihadiri GM ASDP Kayangan dan GM ASDP Lembar, Ketua DPD Organda NTB, H JUnaidi Kasum, Kepala KUPP Labuhan Lombok, GM Pelindo 3 Lembar, GM Damri dan Kepala KSOP Lembar dan Kayangan.


"Kami membahas dan memastikan terkait kesiapan operasional pelabuhan dalam hal simulasi alur keluar masuk orang dan barang dari pelabuhan menuju kawasan Mandalika, lokasi WSBK nantinya," kata Kadishub Lalu Faozal.


Dua pelabuhan utama yang diperkirakan menjadi pintu masuk penonton WSBK Mandalika adalah Pelabuhan Lembar, Lombok Barat yang menghubungkan dengan Padangbai, Bali dan Ketapang, Banyuwangi, serta pelabuhan Kayangan Lombok Timur yang menghubungkan dengan Poto Tano, Sumbawa Barat.


Faozal mengatakan, sejauh ini kesiapan pelabuhan menyambut WSBK Mandalika sudah sangat bagus. 


Standar pelayanan dan aspek protokol kesehatan menjadi poin penting, karena penonton gelaran WSBK Mandalika lebih banyak dari mancanegara.  


"Dalam rapat koordinasi kita juga bahas simulasi-simulasi yang dilakukan, karena moda laut nantinya harus terkoneksi dengan moda darat yang sudah diatur koridornya," kata Faozal.


Dijelaskan, lima koridor transportasi WSBK Mandalika sudah ditetapkan. Dua diantaranya menghubungkan Pelabuhan Kayangan - Mandalika, dan Pelabuhan Lembar  - Mandalika. Sementara tiga lainnya yakni Bangsal - Mandalika, BIZAM - Mandalika, dan Islamic Center - Mandalika.


Menurut Faozal, selain kesiapan pelabuhan, perasional kapal penyeberangan juga sudah sangat bagus. Diharapkan dengan pelayanan maksimal, para penonton WSBK yang datang ke Lombok menggunakan jalur darat melalui pelabuhan Kayangan dan Lembar, bisa merasakan kenyamanan selama perjalanan dan saat tiba di Lombok.


GM ASDP Lembar, Muhammad Yasin mengatakan, pihaknya selaku operator penyeberangan Lembar- Padangbai dan Lembar Banyuwangi sudah siap menyambut tamu WSBK Mandalika yang datang.


"Standar pelayanan, kebersihan dan keramahan kapal juga terus kita dorong ditingkatkan, agar memberi kesan yang baik bagi para tamu," katanya.


Hal yang sama disampaikan Manajer Cabang PT DLU Lembar, Listyono Dwitutuko.


Menurutnya, PT Dharma Lautan Utama siap mendukung dan mensukseskan gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika, terutama di sektor transportasi laut.


"Kami siap menyambut WSBK Mandalika, dengan memaksimalkan sejumlah layanan," kata Lisyono.


Dipaparkan, sejumlah layanan itu antara lain Kapasitas Muat yang terpasang dengan jadwal yang tepat waktu. DLU juga memastikan dan menjamin keselamatan dan keamanan selama pelayaran.


"Juga layanan kenyamanan mulai dari sebelum keberangkatan kapal, pada saat kapal dalam pelayaran dan saat kapal tiba di tujuan, agar seluruh pelanggan betul-betul menikmati perjalanannya dan menjadikannya sebagian transportasi pilihan terbaik," katanya. (*)

×
Berita Terbaru Update