Notification

×

Iklan

Iklan

Dari Pelantikan HIPMI NTB menuju DUBAI EXPO 2020

| Sunday, November 07, 2021 WIB Last Updated 2021-11-08T07:02:35Z
Pengurus dan Anggota HIPMI NTB


PARAGRAF.co.id- BPD HIPMI NTB yang telah memiliki kepengurusan resmi berdasarkan hasil MUSDA XIV BPD HIPMI NTB, setelah melaksanakan agenda pelantikan pada 23 Oktober 2021 lalu oleh Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming yang dihadiri oleh Gubernur NTB, Kapolda NTB, Danrem NTB, Bupati Lombok Barat, Pimpinan Cabang Bank-Bank  Nasional dan Pimpinan Bank NTB Syariah, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan NTB, Direktur GNE, serta organisasi profesi lainnya seperti KADIN NTB, IWAPI NTB, JAPNAS NTB. 


Dalam acara pelantikan ini melahirkan MoU atau Nota Kesepahaman dengan beberapa lembaga seperti kerjasama bisnis dengan Perusahaan Daerah PT. GNE dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mustofa Ibrahim Kediri Lombok Barat dalam bidang kerjasama Pendidikan dan Pelatihan Wirausaha Muda. 


Selain itu, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming menyempatkan diri silaturrahmi dengan para tokoh agama dan masyarakat di Pondok Pesantren Al Islahuddiny Kediri Lombok Barat sekalian memberikan santunan dan bantuan kepada Pondok Pesantren Al Islahuddiny Kediri Lombok Barat. 


Setelah pelaksanaan agenda pelantikan BPD-BPD HIPMI dibeberapa Provinsi, BPP HIPMI mengadakan program HIPMI GOES TO DUBAI, yang merupakan program BPP HIPMI dengan melibatkan beberapa Ketua Umum HIPMI dari beberapa provinsi, salah satunya adalah Ketua Umum BPD HIPMI NTB I Putu Dedy Saputra yang ikut serta dalam rombongan untuk menghadiri DUBAI EXPO 2020 yang dihadiri diantaranya oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan RI Muhammad Luthfi, Menteri Investasi dan BKPM RI Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir.


Sebanyak 50 orang pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menghadiri Dubai Expo 2020, yang diinisiasi oleh Ketua Umum (Ketum) Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, Mardani H Maming. Momentum Dubai Expo 2020 kali ini dimanfaatkan langsung oleh Ketua Umum BPD HIPMI Nusa Tenggara Barat, I Putu Dedy Saputra untuk promosi sekaligus menjajaki peluang ekspor produk UMKM NTB  di Dubai.


Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H Maming menyampaikan HIPMI sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Kementerian Perdagangan dan Kementerian Investasi untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia.


HIPMI menekankan pentingnya kolaborasi antar kementerian / lembaga hingga asosiasi terkait untuk mendorong anggotanya agar bisa masuk pasar global di tengah pandemi Covid-19. Sebab melalui kolaborasi ini dinilai akan mempercepat proses pengambilan solusi. 

Saat ini memang perlu sekali ada kolaborasi antar pemerintah, UMKM, asosiasi serta para pengusaha untuk bisa bersinergi bersama - sama dan berjuang memulihkan perekonomian Indonesia. 


Untuk mengolaborasikan program kerja Kementerian Perdagangan dan Kementerian Investasi, HIPMI juga mempunyai program kerja dalam memberdayakan UMKM Indonesia. 


Salah satunya HIPMI bekerjasama dengan diaspora - diaspora Indonesia di luar negeri untuk memasarkan produk - produk UMKM Indonesia. Terkait hal tersebut, HIPMI siap membantu langkah Kementerian Perdagangan dan Kementerian Investasi dalam program kerjanya karena ini sebuah langkah yang baik untuk ikut berkolaborasi membantu para UMKM.


Kolaborasi ini sangat perlu untuk dilakukan karena bersama - sama mencari dan mempercepat menemukan solusi atas permasalahan perekonomian Indonesia. 


Dalam ajang Dubai Expo 2020, para anggota HIPMI berpeluang mengikuti pelatihan eksport, business matching, dan temu pembeli, yang pada akhirnya diharapkan terjadi kesepakatan (MoU) dengan mitra bisnis di luar negeri. Diharapkan, peserta pameran Dubai Expo 2021 dapat menangkap peluang pasar, mengingat perhelatan kali ini diikuti lebih banyak buyer dari berbagai negara.


Sementara itu Ketua Umum BPD HIPMI NTB I Putu Dedy Saputra menyampaikan bahwa Dubai Expo 2020 ini, selain memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Provinsi NTB, misi kita juga mempromosikan potensi wisata dan menjajaki peluang export   produk UMKM NTB ke kancah Internasional.


"Ajang Dubai Expo 2020 kali ini kita manfaatkan dan juga maksimalkan untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki oleh NTB ke Internasional," terang I Putu Dedy Saputra langsung dari Dubai melalui sambungan seluler.


Dedy juga menyampaikan bahwa, Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai telah resmi dibuka pada Jumat 1 Oktober 2021 dan akan berlangsung hingga 31 Maret 2022, dan diapresiasi oleh presiden Jokowi.


"Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai merupakan kesempatan emas untuk memperkuat hubungan perdagangan serta investasi dengan Negara-negara di Timur Tengah dan Afrika. Terlebih, ajang Expo 2020 Dubai diikuti oleh 192 negara," imbuh Dedy.

×
Berita Terbaru Update