Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Wisuda, Undikma Beri Penghargaan Atlit Berprestasi

| Saturday, November 06, 2021 WIB Last Updated 2021-11-06T07:27:48Z
Pimpinan Universitas Pendidikan Mandalika bersama Gubernur NTB dan Sejumlah Atlit Berprestasi berfoto Bersama Saat Kegiatan Wisuda (Foto: Dok. Humas Undikma Mataram) 


PARAGRAF.co.id- Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) menggelar wisuda ke -2 untuk 303 mahasiswa Program Magister, Sarjana, dan Diploma, dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, Sabtu 6 November 2021 di Hotel Lombok Astoria, Kota Mataram.   


Wisuda Undikma dihadiri Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Bali NTB, Ir Anak Agung Rai Indra MT, Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, H Lalu Rusmiady SH MM, para orangtua/wali, serta para wisudawan - wisudawati.


Yang menarik dari kegiatan wisuda ini, Undikma juga memberikan penghargaan untuk belasan mahasiswa dan wisudawan yang merupakan atlit NTB berprestasi, peraih medali pada PON XXI Papua.


Dalam sambutannya, Rektor Undikma Prof. Drs Kusno DEA PhD mengatakan, saat ini Universitas Pendidikan Mandalika semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai tempat untuk kuliah. 


Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang masuk kuliah di Undikma pada 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan.  


Ia juga mengapresiasi Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah yang berkenan menghadiri kegiatan wisuda Undikma.


"Kami berharap Undikma bisa terus mendapatkan kepercayaan masyarakat sebagai lembaga perguruan tinggi yang mencetak generasi-generasi unggulan untuk NTB Gemilang," katanya.


Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah mengaku kagum dengan Undikma yang merupakan kampusnya sejumlah atlit berprestasi di NTB.


"Undikma ini ternyata kampusnya atlit NTB berprestasi, ini luar biasa," ujar Gubernur Zul.


Gubernur menyampaikan  menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan Wisuda ke 2 Undikma, dan para wisudawan. 


Ia berharap para wisudawan nantinya bisa turut berkontribusi positif dalam pembangunan daerah NTB di segala sektor.


"Semoga dengan gelar yang baru, para wisudawan akan dapat memberikan kontribusi positif bagi NTB. Pemprov NTB juga selalu siap bersinergi dengan Undikma dalam pengembangan SDM masyarakat Nusa Tenggara Barat," katanya.


Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 8 Bali NTB, Ir Anak Agung Rai Indra MT menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh Undikma baik dari segi akademik dan non akademik.


"Kita juga bangga dengan Undikma  yang mampu menjelma sebagai kampus yang menjunjung kebhinekaan," katanya. 


Kegiatan wisuda Undikma dirangkaikan    dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang merupakan atlit NTB berprestasi pada PON XX Papua tahun 2021 dan National University Debating Championship (NUDC) 2021.


Penyerahan penghargaan dilakukan Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, H Lalu Rusmiady SH MM didampingi Rektor Undikma Prof Drs Kusno DEA PhD kepada 16 orang mahasiswa berprestasi pada PON XX Papua tahun 2021 dan National University Debating Championship (NUDC) 2021.


Humas Undikma, Ismail Marzuki menjelaskan, wisuda kali ini sebanyak 303 orang mahasiswa yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) 65 orang, Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) 43 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) 125 orang, Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) 31 orang, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 39 orang.


"Seluruhnya terdiri dari 20 Program Studi. Kegiatan Wisuda juga dilaksanakan dengan prokes yang ketat, dan juga diiibagi menjadi tiga shift yang pertama pukul 9 - 10.30, kedua pukul 11.00 - 13.00,  dan ketiga pukul 14.00 sampai 16.00," kata Ismail Marzuki.


Ia menjelaskan, dalam wisuda kali ini tercatat peraih predikat kelulusan sangat terpuji sebanyak 9 orang, predikat dengan pujian atau Cum Laude sebanyak 105 orang, sangat memuaskan 181 orang, dan memuaskan sebanyak 8 orang.


Adapun peraih IPK tertinggi adalah Rista Ranggalan Putri, mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Undikma dengan IPK 3,94 dan menyabet Predikat Sangat Terpuji.


Sementara untuk peraih penghargaan untuk prestasi di PON XX Papua tahun 2021 dan National University Debating Championship (NUDC) 2021 tercatat 16 orang.


"Termasuk Lalu Mohammad Zohri, mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan yang berhasil meraih dua medali emas dan satu perunggu di cabor atletik pada PON XX Papua," kata Ismail.


Sedangkan yang lain antara lain, Aldiyaz Aqsal Ismaya (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan) meraih medali emas balap motor beregu PON XX Papua, I Dewa Ayu Ita Aryanti (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan) medali perak Tolak Peluru Putri, Dedi Kaswari (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan) peraih Medali Perunggu Boxer, Kurniawan (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan) peraih medali Perunggu Kempo, Iswandi (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan) peraih Medali Perunggu, Estafet 4.100 M, Muhammad Wildan

(Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan) peraih medali Perunggu Futsal.


Kemudian, I Kadek Oka Darma Putra (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan), 

Moh. Rizki Hadisaputra (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan), Satria Maulidi Prakasa (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan), Makrifathul Amri (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan), Dede Rahmadi

(Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan), 

Muhajir Reformasi (Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan), M Wahyu Hidayat (Pendidikan Biologi), Ayu Sekar Rini (Pendidikan Bahasa Inggris) yang meraih 

Medali Emas, 4th best speakers Novice Category, National University Debating Championship (NUDC) 2021 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek


Serta Anggito Abimanyu (Pendidikan Bahasa Inggris) Medali Perak, 8th  best speakers Novice Category, National University Debating Championship (NUDC) 2021 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek.


Ismail Marzuki menambahkan, selain prestasi mahasiswa, Undikma secara kelembagaan juga memiliki prestasi seperti pada bidang penelitian secara nasional berada pada cluster Utama.


"Dalam bidang pengabdian, Undikma juga  berada pada cluster SANGAT BAGUS," ujarnya.


Ditambahkan, dari aspek SDM, Undikma saat ini memiliki 299 orang Dosen dengan kualifikasi akademik S3  40 orang dan sedang menempuh S3 18 orang. Sisanya adalah Dosen dengan kualifikasi akademik S2 (Magister). Sedangkan jumlah karyawan Undikma sebanyak  84 orang yang tersebar pada 5 Fakultas,Biro, Lembaga dan UPT.

×
Berita Terbaru Update