Notification

×

Iklan

Iklan

Puan Tiara Komitmen Dorong Optimalisasi Kualitas Produk Mutiara Lombok

| Wednesday, January 12, 2022 WIB Last Updated 2022-01-13T06:42:55Z
Pengurus perhimpunan perempuan pengerajin mutiara


PARAGRAF.co.id - Produk Mutiara Lombok sampai saat ini masih menjadi produk unggulan yang dilirik pasar, domestik maupun mancanegara. Namun, peningkatan mutu dan kualitas serta perluasan pangsa pasar tetap harus diupayakan.


Perhimpunan Perempuan Perajin Mutiara (Puan Tiara) berkomitmen untuk mendorong optimalisasi kualitas produk Mutiara Lombok dan jejaring pasang pasar yang lebih luas.


"Puan Tiara ini adalah wadah bagi para perempuan perajin dan pengusaha Mutiara Lombok. Kami akan berupaya mendorong kualitas yang terjaga dan pasar yang lebih luas untuk Mutiara Lombok ini," kata Ketua Puan Tiara, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi, Kamis 13 Januari 2022, di Mataram.


Baiq Diyah menjelaskan, selama ini belum ada wadah atau organisasi yang berfokus pada pengembangan potensi Mutiara Lombok. Baik dari sisi kualitas produksinya, maupun sisi pemasarannya.


"Selama ini produk Mutiara kita terkenal bagus. Tetapi hal belum terpikirkan juga, adalah ketika customer komplain atau barangnya lecet atau rusak, mereka harus mengadu kemana. Nah disini Puan Tiara mengambil peran itu," katanya.


Saat ini sedikitnya 17 perempuan perajin dan pengusaha Mutiara bergabung dalam Puan Tiara. Organisasi yang diresmikan pada 6 Desember 2021 ini merupakan bagian dukungan dan pembinaan Bidang Perberdayaan Perempuan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).


"Dengan dukungan KADIN, nantinya produk Mutiara Lombok kita promosikan dan pasarkan juga di Rumah Mutiara Internasional di Jakarta," katanya.


Peresmian Puan Tiara, 6 Desember 2021 lalu dihadiri langsung Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan KADIN, Tri Hanurita Sudwikadmono, dan juga Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah.


Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan KADIN, Tri Hanurita Sudwikadmono mengatakan, keberadaan Puan Tiara diharapkan menjadi wadah yang ideal untuk mengembangkan potensi kerajinan Mutiara Lombok.


"Sehingga kualitas kerajinan Mutiara Lombok semakin maju dengan desain-desain yang lebih menarik lagi. Selain itu, pasar yang lebih luas juga bisa dijangkau," katanya.


Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi dukungan dan pembinaan KADIN untuk para perempuan di NTB, khususnya perajin dan pengusaha Mutiara Lombok.


Menurutnya, produk Mutiara Lombok menjadi salah satu ikon yang turut memperkuat branding sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif di daerah ini.


"Kita berharap keberadaan Puan Tiara bisa menjadi pemicu semakin bergeliatnya industri kerajinan Mutiara Lombok," katanya. (*)

×
Berita Terbaru Update