Notification

×

Iklan

Iklan

Penyeberangan Lancar, Kayangan - Poto Tano Siap Sambut MXGP Samota

| Tuesday, March 01, 2022 WIB Last Updated 2022-03-02T07:50:55Z
Pelabuhan Kayangan Lombok Timur


PARAGRAF.co.id - Arus transportasi penyeberangan Kayangan, Lombok Timur - Poto Tano, Sumbawa Barat, terpantau aman dan lancar, Rabu 2 Maret 2022.


Di pelabuhan Kayangan, sejumlah pengguna jasa, para sopir dan penumpang umum mengaku puas dengan layanan pelabuhan dan fasilitas Kapal penyeberangan.


Mereka juga menyatakan tak masalah dengan penyesuaian tarif yang diberlakukan sejak 1 Maret 2022.


"Ya tidak masalah sih, naiknya juga sedikit. Yang penting layanannya nyaman baik di pelabuhan maupun saat di Kapal," kata Ahmad Badaruddin, seorang penumpang umum, Rabu 2 Maret 2022, di pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.


Seperti diketahui penyesuaian tarif penyeberangan Kayangan, Lombok - Poto Tano, Sumbawa, sudah diberlakukan pada 1 Maret 2022. 


Pemberlakukan penyesuaian tarif Kayangan - Poto Tano ini sesuai Surat Keputusan Gubernur NTB No 550 - 72 Tahun 2022 dan Keputusan Direksi PT ASDP IF Persero Nomor KD.46/OP.404/ASDP-2022.


GM ASDP Kayangan, Ahmad Faizal didampingi Manager Operasional, Jumadi menjelaskan, secara umum para pengguna jasa menerima penyesuaian tarif tersebut. Hal ini juga nampak saat pemberlakukan mulai 1 Maret dinihari.


"Sosialisasi sudah kita lakukan bersama Gapasdap dan Dishub NTB. Alhamdulillah pengguna jasa menerima dan sampai saat ini arus transportasi lancar," katanya.


Menurut dia, yang terpenting adalah penyesuaian tarif yang diberlakukan ini berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan.


Faizal menjelaskan, saat ini penyeberangan Kayangan - Poto Tano sudah siap menyambut event Motocross Internasional, MXGP yang akan digelar di kawasan Samota, Sumbawa pada Juni mendatang.


"Secara umum kita sudah siap untuk MXGP. Ada 28 armada kapal yang semuanya sudah standar CHSE," katanya.


PT ASDP juga akan menata dan membenahi kawasan pelabuhan penyeberangan Kayangan, Labuhan Lombok, Lombok Timur. 


Dengan konsep pelabuhan ramah lingkungan, Kayangan Green Harbour diproyeksi untuk menjadi destinasi menarik bagi para pelintas selat Alas yang menghubungkan pulau Lombok dan Sumbawa ini.


"Penataan akan kami mulai pada bulan Maret 2022 ini," katanya.


Dipaparkan, penataan dan pembenahan itu antara lain dilakukan untuk landscape kawasan. Kapasitas ruang tunggu penumpang diperbesar dengan sarana dan fasilitas semakin lengkap dan modern. 


Selain itu, ASDP juga menyediakan areal UMKM yang disediakan bagi para pedagang di pelabuhan.


Sementara itu, Ketua Gapasdap Kayangan - Poto Tano, Iskandar Putra mengatakan, menyusul penyesuaian tarif tersebut, jajaran Gapasdap berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan kapal penyeberangan. Baik dari aspek kenyamanan, keselamatan, dan juga aspek kebersihan.


"Tentu pelayanan kapal akan terus ditingkatkan juga. Saat ini kapal - kapal pun fasilitasnya sudah sangat baik. Ini komitmen kami untuk memberi kenyamanan," katanya.

×
Berita Terbaru Update